Cara Merawat Alat Pemadam Kebakaran

Apakah Anda tahu cara merawat alat pemadam kebakaran atau cara menggunakan alat pemadam api untuk membantu menyelamatkan nyawa dan membatasi kerusakan properti? Padahal Anda telah bekerja hampir sepanjang karier Anda.

Sesuai kode dan petunjuk yang  diperlukan untuk memberikan sejumlah pemadam kebakaran yang memadai di setiap area gedung. Selain itu, perwakilan dari orang yang berada di gedung ini dituntut untuk menyadari bagaimana memanfaatkan pemadam kebakaran dengan benar.

Meskipun ada tiga kelas dasar api dan berbagai jenis pemadam, jenis yang secara teratur diperkenalkan di sebagian besar kantor pertimbangan dimaksudkan untuk menahan setiap jenis api dasar.

Simak Juga: Pengisian Apar

Kelas Api

1. Kelas A — Bahan Bakar Umum (kayu, kertas, kain, beberapa plastik, dll.)

2. Kelas B — Cairan Mudah Terbakar (minyak, minyak goreng, bensin, dll.)

3. Kelas C — Listrik Berenergi (setiap api yang didukung oleh listrik)

Untuk keselamatan dan perlindungan penghuni dalam fasilitas, alat pemadam kebakaran jenis “ABC” alat pemadam multiguna kemungkinan besar dipasang di dalam gedung Anda. Alat pemadam multi guna ini dirancang untuk memadamkan ketiga klasifikasi umum kebakaran.

Mempelajari cara menggunakan alat pemadam api dengan benar adalah proses yang harus menjadi bagian dari pelatihan fasilitas Anda untuk semua karyawan baru serta ditinjau secara berkala dengan staf lainnya.

Sebelum menggunakan alat pemadam kebakaran, Anda harus mengikuti prosedur darurat, menyingkirkan penghuni yang mungkin dalam bahaya langsung dan “membunyikan alarm” dengan mengaktifkan sistem alarm kebakaran gedung atau menunjuk seseorang untuk menelepon untuk memberi tahu pemadam kebakaran dan responden darurat lainnya.

Setelah tindakan tersebut dilakukan, upaya untuk mengendalikan api harus dilakukan dengan memanfaatkan metode pemadaman api.

– Tarik peniti pada tuas (biasanya diamankan dengan pengikat plastik “breakaway”). Pin terpasang untuk mencegah pelepasan yang tidak disengaja.

– Arahkan nosel ke dasar benda yang terbakar.

– Tekan tuas untuk mengeluarkan isi alat pemadam.

– Sapu nosel bolak-balik, tutupi api dengan bahan pemadam sampai padam.

Sekian pembahasan kita mengenai alat pemadam kebakaran, semoga dapat berguna bagi Anda.

Baca Juga: Isi Ulang Tabung Pemadam

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *