Mengenal Jenis Apartemen: Studio, 1-3 BR, Lofts dan Penthouse

Apakah anda berminat untuk menyewa apartemen? Ada beberapa jenis apartemen yang dapat dipilih, mulai dari jenis studio; jenis 1, 2, dan 3 kamar tidur; jenis loft dan jenis penthouse. Anda dapat memilih unit apartemen yang sesuai dengan keperluan. Kebanyakan apartemen di Indonesia merupakan jenis studio, 1, 2, dan 3 kamar tidur, sementara jenis loft dan penthouse terbilang sangat jarang.

Namun, apa yang membedakan dari setiap unit apartemen ini? Tentunya perbedaan yang paling terlihat menonjol adalah harga sewa dan luasnya. Apartemen jenis studio mematok harga sewa yang jauh lebih murah dibanding apartemen jenis 1, 2, dan 3 kamar tidur, karena ukuran luasnya yang lebih kecil.

Untuk lebih jelas, berikut ini kami akan bahas satu per satu jenis unit apartemen tersebut.

Apartemen jenis studio

Apartemen jenis studio merupakan apartemen yang dilengkapi kamar mandi dan dapur dalam unitnya. Dari segi arti, studio berarti unit yang hanya punya satu ruangan. Apartemen jenis ini paling banyak ditemui karena peminatnya yang juga tinggi. Soal harga, biaya sewa apartemen studio relatif lebih murah.

Ruangan di apartemen studio sifatnya multifungsi, berarti dapat digunakan sebagai kamar tidur, ruang tetamu, serta dapur, dengan kamar mandi berada di ruangan terpisah. Ukuran apartemen studio terbilang kecil, yaitu mulai dari 20 hingga 35 meter persegi.

Apartemen jenis studio sangat cocok untuk orang yang tinggal sendirian atau pasangan yang baru menikah dan belum mempunyai anak.

Simak juga: Apartemen Jakarta Pusat

Apartemen jenis 1, 2 dan 3 kamar tidur

Apartemen jenis ini lebih cocok untuk penghuni yang sudah berkeluarga. Jumlah kamar mandi yang disediakan mulai dari 1 hingga 2 buah. Pembagian ruangan sama seperti pada hunian rumah tapak.

Umumnya ruang tamu, ruang makan, serta dapur berada di satu ruangan. Walaupun begitu, ada juga apartemen yang dibagi lagi dalam beberapa ruangan terpisah.

Luas apartemen bervariasi disesuaikan dengan jumlah kamarnya. Pada umumnya unit dengan 1 kamar tidur mempunyai luas sekitar 25 meter persegi. Unit dengan 2 kamar tidur mempunyai luas 30 meter persegi. Sedang unit dengan 3 kamar tidur mempunyai luas sekitar 85 meter persegi.

Apartemen jenis loft

Loft dapat diistilahkan sebagai bangunan gedung atau pabrik yang kemudian difungsikan sebagai apartemen dengan menggunakan sekat-sekat sehingga menyusun beberapa hunian.

Unit loft sendiri mempunyai ruangan dengan ciri khas plafon yang tinggi disertai mezanine. Plafon yang tinggi membuat penghuni lebih leluasa memanfaatkan ruang. Zona loft dapat dihasilkan sebagai tempat kerja atau tempat privasi seperti kamar tidur.

Dinding yang luas memungkinkan penghuni memanfaatkannya untuk berbagai tujuan. Antara lain dengan memfungsikannya sebagai galeri untuk memajang aneka hiasan, lukisan, atau karya seni lainnya.

Apartemen jenis penthouse

Penthouse adalah apartemen yang paling mewah serta paling luas. Penthouse umumnya berada di lantai atas dan hanya terdiri dari 1 atau 2 unit saja. Umumnya penthouse mempunyai lift khusus untuk penghuni. Luas penthouse mulai dari 300 meter persegi. Dengan ukuran yang cukup luas, penghuni dapat leluasa mendekorasi interior ruangan.

Yang perlu diingat, memilih jenis unit apartemen perlu Anda sesuaikan dengan keperluan, begitu juga jumlah penghuni yang akan menempatinya. Apabila Anda hanya akan tinggal sendirian atau berdua dengan pasangan, tentu jenis studio atau 1 kamar tidur lebih cocok untuk Anda. Sementara itu, jika Anda sudah berkeluarga dengan anak, tentu jenis lainnya lebih pantas untuk keluarga Anda.

Kunjungi Juga: Apartemen Mewah di Menteng

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *