5 Tips Memilih Mesin Fotocopy Yang Cocok Untuk Usaha Anda

Sebelum mengawali usaha fotocopy, Anda harus mengetahui cara memilih mesin fotocopy yang cocok untuk usaha Anda agar sesuai dengan dana dan target pasar.

Metode Memilih Mesin Fotocopy Terbaik Untuk Usaha

Memilih mesin fotocopy untuk usaha harus hati-hati dan melewati banyak pertimbangan. Hal ini dilakukan supaya mesin fotocopy yang dibeli dapat memenuhi sasaran operasional dan dapat bekerja tanpa hambatan. Untuk itu, terapkan langkah-langkah berikut ini agar mendapatkan mesin fotocopy yang ideal dan berkualitas.

1. Sesuai dengan keperluan

Banyaknya macam dan merk mesin fotocopy yang ada di pasaran membuat konsumen harus benar-benar mempertimbangkan mengenai keperluan untuk usahanya. Seandainya akan mengawali usaha fotocopy skala kecil sampai menengah, Anda dapat membeli mesin fotocopy jenis medium. Jika ingin menambahkan layanan seperti jasa surel, scanning dan fax, Anda dapat membeli mesin fotocopy digital yang telah dilengkapi dengan fitur-fitur tersebut. Untuk usaha fotocopy, sebaiknya sediakan dua mesin fotocopy. Jadi, apabila salah satu mesin rusak, Anda masih dapat menggunakan mesin fotocopy cadangan.

Baca Juga: Harga Mesin Fotocopy

2. Spesifikasi Jenis Mesin Fotocopy

Di samping itu, pertimbangkan pula mengenai kapasitas cetak, ukuran kertas, resolusi dan warna tinta saat memilih jenis mesin fotocopy. Mesin fotocopy tersedia dalam varian warna dan hitam putih. Walaupun kapasitas cetaknya cukup bervariasi, mulai dari 150 lembar, 250 lembar sampai lebih dari 250 lembar. Walaupun ukuran kertas yang dapat difotocopy umumnya mulai dari A4, F4 sampai A3. Seandainya menginginkan hasil cetak yang lebih tajam, tentu Anda harus memilih mesin fotocopy dengan resolusi yang cukup tinggi.

3. Ketersediaan Suku Cadang dan Daerah Service

Memilih mesin fotocopy yang cocok untuk usaha tidak hanya soal merk. Anda juga perlu memutuskan mengenai ketersediaan suku cadang dan tempat service terdekat. Itu sebabnya banyak usaha fotocopy menggunakan mesin fotocopy dengan merk yang sudah terkenal. Merk yang suddah terkenal umumnya mempunyai jaringan service center yang luas dan suku cadangnya mudah ditemukan. Hal ini akan mempermudah Anda apabila suatu hari mesin fotocopy bermasalah dan memerlukan perbaikan mendadak.

Cek Juga: Harga Mesin Fotocopy Canon

4. Memilih Distributor yang Berkualitas

Mesin fotocopy yang dipasarkan di Indonesia biasanya dipasarkan lewat distributor. Untuk mendapat mesin fotocopy terbaik, Anda harus memilih distributor yang berkualitas dan mempunyai rekam jejak bagus. Distributor mesin fotocopy yang baik akan memberitahukan konsumen mengenai kondisi mesin fotocopy, apakah mesin tersebut benar-benar baru, produk rekondisi atau mesin fotocopy bekas.

5. Menanyakan Garansi

Ketika mendapat mesin fotocopy yang cocok untuk usaha dan cocok dengan keperluan Anda, jangan lupa untuk menanyakan mengenai masa garansi. Mesin fotocopy terbaik yang dipasarkan oleh distributor berkualitas umumnya ikut serta menyertakan garansi. Garansi ini sangatlah penting demi memastikan kondisi mesin fotocopy benar-benar dalam kondisi prima. Jadi, apabila terjadi kerusakan yang disebabkan karena kekeliruan perakitan mesin, Anda dapat mengklaim garansi tersebut untuk minta perbaikan.

Simak Juga: Harga Mesin Foto Copy

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *