Pilih yang mana, Cetak Offset atau Komputerisasi Printing?

Berbicara seputar Offset Printing dan Digital Printing, kita semua tahu bahwa keduanya berbeda. Seiring berjalannya waktu, teknologi Digital Printing sekarang hadir tanpa mengganggu Offset Printing. Kita bisa melihatnya dari:

1. Metode kerjanya

Ada perbedaan yang signifikan seputar sistem mesin cetak offset printing dan Digital printing. Dalam pengerjaannya, teknologi Offset Printing menggunakan tinta cair/basah, sedangkan pencetakan Digital menggunakan toner (tinta kering).

2. Waktu yang diperlukan untuk pengerjaan pencetakan

Pengerjaan pencetakan Offset Printer biasanya melewati pengerjaan yang lama dan memerlukan banyak waktu. Hal pertama yang sepatutnya dilaksanakan yaitu mengkonversi file dalam CMYK ke wadah tiap-tiap warna dalam desain. Sesudah itu, wadah-wadah itu akan diberi tinta cair dan dibiarkan kurang lebih satu hari. Sesudah itu, dia akan menjalankan pengerjaan pencetakan pada obyek, seperti kertas. Jika ada kekeliruan dalam file, maka wadah baru harus diproses, sehingga biayanya juga akan ditambahkan.

Kalau dibandingkan dengan Cetak Offset, Digital Printing dianggap lebih cepat dan lebih efisien. Salah satu alasannya yaitu cara Digital Printing tak memerlukan wadah, sehingga wadah bisa dicetak seketika dari file tanpa mengubahnya ke CMYK. File bisa dalam wujud RGB atau SPOT.

3. Mencetak Volume dan Tarif
Tak hanya hemat waktu, kita juga perlu memikirkan tarif pencetakan. Kalau Anda perlu mencetak dalam volume tinggi (> 5.000), Anda lebih baik memilih Printer Offset. Pada Digital Printing, bisa disesuaikan dari 1 pc dan sebagainya. Digital Printing mempunyai ‘Print on Demand’, yang berarti tergantung pada keperluan pengguna.

Berdasarkan penjelasan di atas, menggunakan Offset Printing dan Digital Printing sama-sama mempunyai pro dan kontra, jadi itu tergantung pada keperluan pengguna. Selain waktu yang lama, pengerjaan Cetak Offset juga memerlukan banyak biaya jika hanya digunakan untuk pekerjaan kecil. Itu sebabnya umumnya digunakan untuk pekerjaan skala besar.

Dalam Digital Printing, meski sangat mudah digunakan, hasil warnanya mungkin tak seakurat Offset Printing. Itu sebab teknologi Digital Printing memerlukan lebih banyak perawatan selama penerapan. Oleh sebab itu, Digital Printing seharusnya digunakan untuk pencetakan cepat dengan kualitas standar dan efisien secara ekonomis.

Jadi pilihan mana yang pas untuk Anda? Offset Printing atau Digital Printing? Sekali lagi, ini semua tergantung pada keperluan pengguna.

Cek Juga: Neon Box

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *