Pendidikan Yang Bisa Menularkan Kebaikan

kebaikan lewat pendidikan

Pengajaran bukanlah ranah asing bagi Ibnu Miskawaih. Dia sudah lama bergelut di bidang hal yang demikian meski lebih diketahui sebagai filsuf dan lekat dengan bidang akhlak. Karenanya, berserak pula uraian konsep-konsepnya seputar pengajaran sekolah internasional di Jakarta.

Dalam salah satu karyanya, cendekiawan Muslim asal Ray, Persia, ini menyuarakan, pengajaran menonjolkan tugas dan keharusan yang sepatutnya dilaksanakan orang dewasa, terlebih orang tua terhadap buah hati-si kecilnya.

Berdasarkan Miskawaih, orang tua mesti memberikan pengajaran terhadap buah hati-si kecilnya, yang berisi pengetahuan, moralitas, adat istiadat, dan perilaku yang bagus. Langkah ini untuk mempersiapkan mereka supaya menjadi manusia yang bagus.

Kelak, seandainya buah hati-buah hati itu menjelma menjadi manusia dewasa yang bagus, akan memberikan manfaat bagi masyarakatnya. Mereka bahkan akan diterima secara bagus oleh masyarakatnya. Miskawaih menambahkan, pengajaran memang bertujuan menyempurnakan karakter manusia.

Dalam pandangan Miskawaih, layaknya kebaikan yang dapat ditularkan melewati pengajaran, demikian pula dengan kezaliman. Karenanya, dia mengingatkan orang tua untuk secara berulang, mengingatkan dan mengajar buah hati-buah hati mereka seputar kebaikan dan kesalehan.

Kecuali memberikan pengajaran mengenai kebaikan, Miskawaih menekankan pula supaya semenjak dini orang tua membimbing buah hatinya berada dalam lingkungan yang bagus. Orang tua sepatutnya membiasakan buah hati-si kecilnya bergaul dan bersahabat dengan orang-orang bertingkah bagus.

Miskawaih memberikan alasan kenapa dia menekankan pentingnya lingkungan yang bagus. Berdasarkan ia, tidak segala orang bisa dengan kencang mendapatkan kebaikan yang dididik kepadanya. Lingkungan yang bagus akan mencegah mereka yang lamban, dapat terhindar dari kezaliman.

Mereka yang lamban, sepatutnya terus-menerus menerima pengajaran seputar kebaikan. Miskawaih menyuarakan pula, tiap orang bisa berubah asalkan menerima pengajaran secara terus-menerus seputar kebaikan.

Tidak heran seandainya Miskawaih kemudian menyimpulkan, hal-hal yang sudah terbiasa dilaksanakan oleh buah hati-buah hati semenjak kecil, akan memengaruhinya dikala menjadi orang dewasa. Dengan demikian, buah hati laki-laki maupun perempuan sepatutnya semenjak dini diajar seputar kebaikan.

Berdasarkan Miskawaih, tak gampang bagi seseorang yang sudah dewasa untuk merubah karakternya. Selain, dalam situasi tertentu. Seumpama, orang hal yang demikian sadar dan menyesal atas perilaku dan adabnya yang buruk selama ini.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *