Sewa Ruang Perkantoran, Usaha Yang Menjanjikan

virtual office

Virtual Office – Segmen pasar ruang perkantoran sewa tahun ini diperkirakan masih menjanjikan, kendati dibayang-bayangi imbas krisis keuangan global yang masih terjadi. Saya ini dapat diperhatikan dari jumlah permintaan sewa ruang perkantoran yang masih cukup bagus, terutamanya yang berada di wilayah sentra bisnis atau central business district (CBD).

Perusahaan pengembang properti PT Intiland Development Tbk (Intiland), umpamanya, sukses membukukan peningkatan untuk segmen pasar ruang perkantoran sewa semenjak akhir tahun lalu.

Popularitas hal yang demikian bisa diperhatikan dari meningkatnya luas ruang perkantoran yang disewakan di Intiland Tower Jakarta dan Intiland Tower Surabaya,” kata Direktur Pemasaran Intiland Susan Pranata, dalam siaran resminya terhadap pers, Jakarta.

Tingkat okupansi Intiland Tower Jakarta menempuh 90 persen, atau naik signifikan diperbandingkan permulaan tahun lalu yang baru sebesar 71 persen. Meski tingkat okupansi Intiland Tower Surabaya sudah menempuh 80 persen, atau naik dibanding permulaan tahun lalu yang baru menempuh 74 persen.

Berdasarkan Susan, pasar ruang perkantoran sewa, terutamanya gedung-gedung di zona primer, cukup potensial. Saya ini disebabkan masih banyaknya perusahaan yang dikala ini memerlukan ruang-ruang perkantoran.

“Ia optimistis pasar ruang perkantoran sewa masih baik sebab tingkat keperluan lumayan tinggi seiring masuknya investasi baru dan relokasi ruang kantor,” ujar Susan. Lebih lanjut, Susan memperkirakan pasar ruang perkantoran sewa di Jakarta masih sungguh-sungguh menjanjikan kendati tingkat pertumbuhannya tak sepesat tahun-tahun sebelumnya.

Saya ini memutuskan bahwa harga sewa ruang perkantoran di Indonesia masih relatif kompetitif. memaparkan, biaya sewa ruang kantor di zona CBD di Jakarta dikala ini masih berkisar Rp 140.000-Rp 195.000 per meter persegi.

“Jadi meski jumlah pasokan tersedia cukup banyak, tapi permintaan juga meningkat, terutamanya kepada perkantoran yang letaknya strategis dan mempunyai fasilitas memadai,” kata Susan. Lebih jauh dia mengatakan, pertumbuhan usaha tahun ini diperkirakan akan banyak disangga oleh bisnis sewa ruang perkantoran dan wilayah industri. Meski pertumbuhan pasar segmen apartemen dan kondominium diperkirakan akan melambat.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *