Menjadi Guru dan Penikmat Kajian Untuk Pendidikan Indonesia

sekolah

Memang ada versi yang menceritakan Soedirman sempat berguru di sekolah guru di Solo, tapi tak lulus sebab permasalahan tarif pengajaran. Untuk menyiasati hal ini, Soedirman mendapatkan tingkatannya nanti cuma sekedar guru lazim. Dia kemudian menemui guru-guru senior HIS Muhammadiyah untuk menimba ilmu mendidik. Dari sini ihwal mendidik Soedirman berawal.

Keputusan Soedirman terjun ke dunia pengajaran rupanya pas. Dia guru yang asyik. Gaya ajarnya tidak monoton dan disisipi kisah keislaman dan pewayangan. Honor mulanya sebagai guru lazim dikala itu sangat kecil, sehingga tidak mencukupi untuk hidup sebulan apalagi dia telah berkeluarga. Tapi, Soedirman berlaku berlapang dada. Kebetulan juga dia menjadi pengurus koperasi di Cilacap untuk dapat menambah penghasilan.

“Pak Dirman bukan guru yang kelihatan ilmu pengetahuannya, tapi dia trampil mendidik. Sehingga penyampaian materinya tak kering atau tegang. Beliau tak jarang berguyon ringan, mengajari poin agama dan nasionalisme. Kami sungguh-sungguh bersuka ria meniru pelajarannya,” demikian kata Marsidik.

Apakah Soedirman guru yang galak?

“Pak Dirman tak pernah galak atau keras terhadap siswanya sehingga mereka bersuka ria. Wajahnya menyenangkan. Tak menakutkan. Bibirnya yang tebal dan merah serta lagaknya yang lincah senantiasa membikin kami mengakak seandainya dia bercanda,” ujar Marsidik menjawab.

Soedirman juga jago membina hubungan dengan sesama rekan pendidik. Hingga walhasil dalam satu pemilihan kepala sekolah, Soedirman yang tanpa ijazah guru legal itu pun terpilih menjadi kepala HIS Muhammadiyah Cilacap. Tapi, oleh Belanda HIS Muhammadiyah Cilacap kemudian ditutup.

Belanda berdalih, memerlukan bangunan gedung sekolah hal yang demikian untuk diubah menjadi pos pengawasan Belanda pada tahun-tahun akhir Perang Dunia II, sesaat sebelum Jepang masuk. Sesudah Belanda takluk dan Cilacap diatur Jepang, HIS Muhammadiyah tidak kunjung dibuka. Soedirman yang telah dianggap tokoh masyarakat Cilacap mulai didekati tentara Jepang. Jepang memerlukan pesona Soedirman untuk meraih dukungan warga.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *