Menyewa ruang kantor bersama di Jakarta

sewa kantor murah jakarta
Sewa kantor murah jakarta – Duduk berkelompok memutari sebagian meja, sejumlah orang sudah sibuk mengetik seraya menatap layar komputer masing-masing. Sekilas, orang-orang hal yang demikian menonjol seperti pekerja kantor yang sama, tapi siapa kaprah mereka yakni kumpulan pekerja lepas dan karyawan dari lain perusahaan. Beda meja, berarti beda perusahaan. Salah satu perusahaan yang berkegiatan di situ yakni Happy5, sebuah perusahaan kecil di bidang teknologi info atau biasa disebut startup. Bersama sebagian startup lainnya, Happy 5 memilih menyewa ruang kerja bersama di Comma yang berlokasi di Jalan Wolter Monginsidi, Jakarta Selatan.

“Berdasarkan aku, kantor itu patut nyaman, dingin, internetnya pesat, dekat dengan klien. Apabila aku bikin kantor sendiri seperti ini, biayanya betul-betul mahal. Lebih bagus kami berkantor di sini. Walau ada orang-orang lain, itu tak terlalu menganggu,” kata Doni Apriliandi, pimpinan Happy5, terhadap aku.

Tarif sewa

Menyewa ruang kantor di Jakarta, terutamanya di wilayah ‘segitiga emas’ yang mencakup Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Rasuna Said, memang relatif mahal. Sebuah gedung perkantoran di Jalan Rasuna Said, semisal, mematok Rp85 juta untuk ruangan seluas 200 meter persegi selama tiga bulan. Tarif itu belum termasuk ongkos listrik dan kebersihan.

Lalu sebagian gedung perkantoran di wilayah Jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin memasang harga sewa sebesar Rp200.000 per meter persegi dengan tambahan Rp70.000 sampai Rp90.000 per meter persegi untuk tarif kebersihan.

Harga itu jauh berbeda seandainya dibandingi dengan menyewa ruang kerja bersama atau biasa disebut co-working space. Di Comma, untuk sewa per bulan menempuh Rp3.500.000. Adapun sewa per tiga jam yang dapat diterapkan sedikit demi sedikit dalam kurun sebulan menempuh Rp90.000. Segala tarif itu telah meliputi penerapan dunia maya, minum sepuasnya, kebersihan, dan listrik. Elemen tarif itulah yang menjadi alasan kenapa sejumlah perusahaan memilih menyewa ruang kerja bersama.

Tomi yakni pendiri perusahaan Tosa Komunikasi yang bergerak di bidang pembuatan website di dunia maya. Selama sebagian tahun, ia menyewa sebuah rumah di bilangan Depok untuk diciptakan kantor. Tetapi, dikala memperhatikan harga sewa ruang kerja bersama di Code Margonda, ia malahan memastikan memindahkan kantornya.

”Selama sebagian tahun aku mengontrak rumah seharga Rp20-Rp25 juta per tahun. Harga itu belum termasuk tarif listrik. Di Code Margonda, per orang cuma Rp300.000 per bulan. Dengan staf yang berjumlah empat orang, ongkos sewa ruang kantor menjadi lebih rendah,” kata Tomi. Tomi yakni pendiri perusahaan Tosa Komunikasi yang bergerak di bidang pembuatan website di dunia maya.

Selama sebagian tahun, ia menyewa sebuah rumah di bilangan Depok untuk diciptakan kantor. Tetapi, dikala memperhatikan harga sewa ruang kerja bersama di Code Margonda, ia malahan memastikan memindahkan kantornya. ”Selama sebagian tahun aku mengontrak rumah seharga Rp20-Rp25 juta per tahun. Harga itu belum termasuk tarif listrik. Di Code Margonda, per orang cuma Rp300.000 per bulan. Dengan staf yang berjumlah empat orang, ongkos sewa ruang kantor menjadi lebih rendah,” kata Tomi.

 

 

 

Baca juga :Sewa kantor murah

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *